Hadits Qudsi Lengkap icon

Hadits Qudsi Lengkap

Android Books & Reference
Free
Offers in-app purchases ($0.00)
You're viewing an Android app.

Quick Stats

4 years

since last update

2 years

since last review

Description

Hadits Qudsi Lengkap merupakan aplikasi berbasis android yang membahas tentang hadits qudsi. Aplikasi yang kami buatkan ini sangatlah mudah dipergunakan sehingga anda yang awam dalam teknologi bisa menggunakannya. Anda yang memang tidak mempunyai koneksi internet sekalipun bisa mempergunakannya. Karena, Setelah aplikasi ini anda install, tidak memerlukan koneksi internet lagi.

Adapun pengertian dari Hadits Qudsi yaitu :

Hadits Qudsi salah satu jenis hadits dimana perkataan Nabi Muhammad disandarkan kepada Allah atau dengan kata lain Nabi Muhammad meriwayatkan perkataan Allah. Secara bahasa (Etimologis), kata القدسي dinisbahkan kepada kata القدس (suci). Artinya, hadits yang dinisbahkan kepada Dzat yang Maha suci, yaitu Allah swt. Dan secara istilah (terminologis) adalah sesuatu (hadits) yang dinukil kepada kita dari nabi Muhammad saw. yang disandarkan kepada Tuhannya. Secara sederhana dikatakan Hadist Qudsi adalah perkataan Nabi Muhammad , tentang Wahyu Tuhan yang diterimanya secara langsung , tanpa perantaraan malaikat (Jibril).

Terdapat perbedaan yang banyak sekali antara keduanya, di antaranya adalah:

Bahwa lafazh dan makna al-Qur`an berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian, alias maknanya berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala namun lafazhnya berasal dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam.

Syarat validitas al-Qur`an adalah at-Tawâtur (bersifat mutawatir) sedangkan Hadîts Qudsi tidak demikian.

Secara sederhana dapat dikatakan, Hadist Qudsi adalah Wahyu Tuhan yang diterima Nabi Muhammad secara langsung, TANPA perantaraan malaikat Jibril. Sehingga tidak ada kata QUL (katakanlah) diawal kalimat dan Allah membahasakan diri-Nya dengan sebutan AKU .

Sedangkan Al Qur'an adalah Wahyu Tuhan yang diterima Nabi Muhammad lewat perantaraan Malaikat Jibril. Sehingga Jibril membacakan wahyu dengan permulaan kata Qul dan Jibril membahasakan Tuhan dengan sebutan nama-Nya, Allah ( dan Asmaul Husna lainnya ).

Hadist Qudsi memakai kalimat langsung ( orang pertama / Aku ), sedang Al Qur'an memakai kalimat orang ketiga.
Hadist Qudsi diturunkan secara "private" (khusus ) kepada Muhammad sebagai Nabi, sehinggga tidak disebarluaskan untuk umum, karena bersifat pribadi. Hanya beberapa sahabat terpercaya saja yang menerimanya

Sedangkan Al Qur'an diturunkan kepada Muhammad sebagai Rosul , sehingga Nabi Muhammad wajib menyebarluaskannya kepada umatnya dan seluruh umat manusia.

Demi kemurnian dan kesucian Al Qur'an, Hadist Qudsi dan Al Qur'an tidak disatukan dalam satu Mushaf. Hadist Qudsi dibiarkan berdiri sendiri dan tidak pernah dibukukan (kodifikasi) secara resmi.

Semoga aplikasi Hadits Qudsi Lengkap ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan semoga anda terus tetap semangat untuk mempelajari ilmu agama. Terima kasih.

Reviews

Similar